PANCASILA gaya KAMPUNG..

04Mar08

PANCASILA

berkaitan dengan di berlakukannya otonomi daerah,maka di setiap upacara pengucapan PANCASILA harus sesuai dengan bahasa daerahnya.

PANCASILA (jawa)

Siji    : Gusti Alllah ora ono koncone

Loro : Dadi wong kudu sing adil lan ojo kejem-kejem

Telu : Indonesia bersatu kabeh

Papat: karo tonggo-tonggo nek ono masalah diomongno bareng2 opo o

Limo : mangan ra mangan sing penting kumpul

PANCASILA (sunda)

Hiji    : Gusti Allah eta sorangan sareng ageng pisan

Dua   : ka sorangan teh sikapna kudu sami, ulah ngabeda-beda keun

Tilu   : Indonesia kuduna mah jadi hiji

Opat : Ra’yat Indonesia sae na pang mutuskeun sagala teh disepakatkeun
heula. Kedah bager lan bijaksana

Lima : Ceunah teh sikap sosialna kudu adil hiji sareng batur.

PANCASILA (batak)

Sada : Dang adong na pajago-jagohon di jolo ni Debata

Dua : maradat tu sude jolma

Tolu : Punguan ni halak Indonesia

Opat : Marbadai  marbadai, dungi mardame

Lima : Godang pe habis saotik pe sukkup

PANCASILA (padang)

Ciek : Bintang Basagi Limo

Duo : Rantai Pangikek kudo

Tigo : Pohon baringin gadang tampek kito bacinto

Ampek : kapalo banteng bataduk duo

Limo : padi jo kapeh pambaluik nan luko

PANCASILA (ambon)

1. Torang samua tawu Cuma ada Tuang Allah yaitu Tete Manu

2. orang AMbon samu harus tau adat

3. acang deng obet harus bisa bakubae

4. paitua deng maitua harus bae bae di rumah rakyat

5. samu harus bisa jaga diri karena ambon lapar makan orang

PANCASILA (manado)

1. cumah ba satu Tuhan

2. selalu adil kong ja pake ontak

3. torang samua satu, bangsa Indonesia

4. tu rakyat musti slalu bakumpul kong bicara bae bae supaya selalu
ada kaputusan gagah yg samua trima deng nang hati voor seluruh
Indonesia, nyanda ada tu jabaku kase beda beda perlakuan.

5.

*ah,ini cuma sekedar iseng sekalian mengingetkan kalau kita masih punya PANCASILA sebagai dasar negara kita.bukan agama yang selama ini di teriakkan oleh segelintir orang.

maap,apabila bahasa kampung juragan belum tak tulis disini .ndak lain dan ndak bukan hanya karena ketidak mengertian saya. he.he..

maap juga apabila tulisan ini di rasa kurang menghormati PANCASILA.

oya,tolong juga di koreksi apabila ada basa yang gak bener,maklum gaptek (loh,apa hubungane).

atau mungkin juragan mau menambahi dengan bahasa daerah yang lain?

ato malah jangan2 nggak hapal PANCASILA?he.he..

Iklan


11 Responses to “PANCASILA gaya KAMPUNG..”

  1. klo saya masih hapal duonk..
    btw jago bhs daerah ya? banyak lagi… 🙂
    http://hanggadamai.wordpress.com/2008/03/04/kamus-besar-bahasa-indonesia/

  2. yyyaaaayyyyy
    gawat niy kalo dipraktekan waktu upacara 😆

  3. wah, aku cuman tau arti yang bahasa jawa..

  4. 4 nurdayat

    wah, iki wis tauu

  5. Ini sudah pernah ditayangkan di satu situs humor. Tapi tetap bermanfaat saja kalau dikutip atau dituliskan lagi di sini. Humor ini muncul nge-trend saat2 pasca puncak reformasi 1998. Siapa pencipta aslinya tidak tahu. Humor ini saya kira memang dimaksudkan untuk menyindir banyak orang dan juga rezim Orde Baru yang katanya mau menjalankan Pancasila dgn konsekuen itu, mereka juga sudah melaksanakan Penataran P4 dll itu; namun kenyataannya tak sesuai dgn harapan. Pancasila menjadi bahan omongan dan hapalan saja, namun tidak diresapi dan diamalkan. :D. Dulu ada disosialisaikan ttg 36 butir Pancasila, yg di desa2 dsb dilakukan dgn permainan “Simulasi P4” (mungkin antara tahun 1987-an – 1993-an), lalu saya tahu kemudian ada pula versi berikutnya, yaitu 43 butir Pancasila. Jaman tahun 1986-an anak2 SMP disuruh menghapalkan 36 butir Pancasila itu. Pancasila di-rumus2kan, bahkan ada Lembaga yang namanya BP7 itu. Sekarang entah bgmn kabar lembaga itu. Seorang santri kampung yg pernah mengisi ceramah Ramadhan di masjid terdekat saya pernah melontarkan humor ttg Pancasila juga dgn versi lain, yaitu begini: Ada orang menanyakan Pancasila itu ada berapa? Kalau Anda ditanyai seperti itu, … apa jawab Anda? Kita bisa menjawab satu, dapat pula menjawab lima. Maksudnya? Pancasila itu ada versi baku-nya, terdiri dari lima sila. ..Namun, bisa juga itu adal lima versi. he..he.. atau banyak versi penafsiran Pancasila, tergantung bagaimana yang mau menafsirkannya.

  6. wah… ini melestarikan tradisi ceritanya… lucu… hidup pancasila

  7. wakakka… keren yak 🙂 sungguh beragam budaya bangsa ini.

  8. untuk aku, rakyat kecil mah, pancasila itu ada 3 tujuan ahirnye, perut kenyang, baju yang anyar en rumah yang pantassssss! bukan permaianan kata en tulisan en truuus kudu dihapalin, gimana sich? gitu aja kok repot-repot. uuuudah blooon itu terjadi!? trims.

  9. 10 aChi_oRg yg biAsa2 adja

    waLaupun berBeda-beda naMun Qt tetep sAtu…

    hehehe…

    cAhyou inDonesia…

  10. 11 aChi_oRg yg biAsa2 adja

    sign in to>>> achi_fruzzy@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: