DASAR MISKIN!

08Jan08

miskin

ya.ya..kasar memang judulnya.

kemarin,anganku terbang membentangkan jaring-jaring khayal mencoba menciptakan pintu mirip punya doraemon yang bisa menghubungkan aku dengan dunia kampungku.tempat di mana aku di ajari ngeblog dan mengenali jenis kelamin.kampung yang bergelimang dengan kemiskinan dan terjepit oleh selangkangan hitam panuan lagi bernama kebodohan.

kemiskinan memang akan identik dengan kebodohan.tapi percayakah anda kalau kedua penyakit ini mereka “pertahankan”?

tidak pak! huss,siapa yang njawab itu wong aku tanya dalam hati kok.

saya mengatakan mereka mempertahankan kebodohan dan kemiskinan memang begitulah kira-kira.ada banyak faktor yang mempengaruhinya misalkan yang jelas terlihat adalah budaya.di jawa ada semacam falsafah yang berbunyi “nrimo ing pandum” dan “balung kere”.walaupun secara etimologi keduanya berbeda arti namun pada intinya sama “menyerah sebelum berperang”!

celakanya itu masih di pertahankan hingga saat ini.dan keadaan ini di perparah dengan bualan sebagian pemuka agama yang menjualbelikan secara ilegal produk agama bernama takdir.masyarakat yang sudah bodoh terus di cekoki ramuan perontok gairah hidup tadi.

saya percaya tidak ada agama yang tidak baik di jagat ini.dan tentunya saya juga percaya bahwa tidak ada agama yang mengajarkan menyerah sebelum berusaha.saya yakin itu juragan,yakin!

eee..ladala..seharusnya mereka kan bisa keluar dari ranjau budaya dan takdir tadi?

eits,tunggu dulu.mereka hanya orang kampung yang terasing dari dunia ajaib boss.mereka tidak sekolah tinggi seperti anda.mereka tak akan mampu berpikir jauh ke depan.yang mereka percayai adalah nenek moyang dan pemuka-pemuka agama.jangan samakan dengan anda yang sudah berblogging ria.jauh boss, jauh…

ya,hidup mereka di kelilingi tabir hitam bernama ketidaktahuan.mereka tak akan percaya apa yang di sampaikan oleh para pakar,ilmuwan atau pemerintah tapi mereka akan mengangguk ngangguk ketika para pemuka agama berkhutbah.celakanya banyak pemuka agama yang justru mengajak mereka mempertahankan kebodohan dan kemiskinan mereka.

akhirnya dalam dunia nyata pun mereka di hina,di cap manja,selalu merepotkan,pemakan subsidi dan sebagainya.

terus baiknya gimana ya?

bagi saya tak ada jalan lain yang lebih baik selain kereta emas bernama pendidikan yang akan membawa mereka menuju surga dunia pengetahuan yang akan membuka pola pikir menjadi lebih baik.

nah,celakanya mereka tak dapat menjangkau itu.terlalu berat bagi mereka untuk bisa menempuhnya.jangankan perguruan tinggi,SLTA pun mereka akan megap-megap (megap-megap apa basa indonesanya ya?)untuk bisa mencapainya.

dan yang tak kalah pentingnya.kepada para pemuka agama yang merasa,tolong stop menjualbelikan secara ilegal produk agama bernama takdir.jangan kau sebarkan resep-resep ketertinggalan,mereka sudah tertinggal.camkan itu..

dariku yang terlahir dari dan masih bagian dari mereka. 

Iklan


One Response to “DASAR MISKIN!”

  1. 1 Finn

    Kamu dari desa mana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: